Rabu, 12 Oktober 2011

Losing identity

Losing identity

by Aima Mufidah on Friday, September 23, 2011 at 11:32pm
Saya tau kalau judulnya sama dengan judul salah satu episode Spongebob Squarepants. Ya, karena saya adalah penggemar film animasi si kepala kotak ini.

Tapi ini bukan tentang spongebob. Ini tentang Saya. Spongebob's sister.

Losing identity.
Entah kenapa, akhir2 ini saya merasa ada yg hilang dari diri saya. Saya merasa, saya tidak menjadi diri saya yg sebenarnya.

Setiap malam, atau ketika saya membuka album kenangan SMA, ada cairan yg berdesakan ingin keluar dari sudut mata saya. Jujur, saya merindukan mereka. Mereka yg ada di dalam album kenangan itu.
Saya merindukan mereka. Merindukan semua yg pernah kami lewati bersama.
Saya rindu tawa itu, saya rindu keceriaan itu, saya rindu kebersamaan itu.
Saya seperti kehilangan sebagian dari diri saya yg sebenarnya. Ketika saya tidak bisa lagi tertawa lepas dengan joke sederhana yg biasa mereka lontarkan. Ketika saya tidak bisa menceritakan apa yg saya alami dg hebohnya kepada mereka. Saya rindu masa-masa itu.
Saya merasa saya tidak menjadi diri saya sendiri. Saya yg dulu bebas berbibacara tanpa rasa malu di depan umum. Saya yg dulu sering sekali menghayal menjadi seorang Presiden dan teman-teman saya itu yg menjadi pengawalnya. Menertawakan khayalan kami. Saya rindu kelas itu. Kelas tempat kami membuat 1000 impian. Menuliskan apa yg ingin kami capai.
Saya tau, semuanya telah berlalu dan akan menjadi sebuah kenangan bagi saya, dan mungkin bagi kami semua.
Kenangan-kenangan yg berserakan, yg saya coba kumpulkan dalam memory otak saya, yg saya simpan untuk bira saya panggil lagi suatu saat nanti ketika saya ingin bernostalgia dengan kenangan-kenangan itu.

Losing identity. Mungkin ini adalah sebuah tahap pendewasaan. Ketika sikap saya sedikit demi sedikit berubah. Ketika sifat anak-anak dalam diri saya mulai memudar.
Saya mungkin merasa seperti kehilangan diri saya yg sebenarnya. Diri saya yg selalu tertawa bahagia tanpa beban, yg tidak pernah menganggap sebuah masalah perlu terselesaikan, yg tidak pernah berfikir untuk jangka panjang. Tapi kalau itu adalah sebuah proses menuju lebih baik, tidak masalah. Biarlah semuanya menghilang. Tapi 1 hal yg tidak boleh hilang, keceriaan itu. Saya siap menjadi diri saya yg baru. Hidup itu sebuah proses menuju perubahan yg lebih baik bukan?

0 comments:

Posting Komentar